Popular Posts

Apa Yang Terbaru

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 71

Masyarakat Indonesia tentunya telah mengetahui bahwa tanggal 17 Agustus 1945 Hari Kemerdekaan Indonesia sebagai sehari yang begitu bersejarah untuk bangsa, dimana tiap-tiap tahunnya selamanya ada perayaan yang juga sekaligus mengenang kembali tokoh-tokoh pahlawan yang mempunyai andil besar dalam catatan bersejarah bangsa Indonesia. Tanggal 17 Agustus 1945 tidaklah lain sebagai hari dimana bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Kemerdekaan Indonesia tuturnya jadi satu khayalan tiap-tiap masyarakat di Indonesia, yang mana terlebih dulu setiap harinya rakyat tidak pernah tenang dari serangan-serangan tentara penjajah.
Ada kemerdekaan yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 juga pastinya buat semua orang-orang Indonesia selanjutnya merasa lega dan senang. Oleh karenanya jelas hari itu sebagai hari yang begitu monumental untuk negeri kita. Sebagian pahlawan Indonesia sudah begitu gigih berusaha untuk memberikan kesejahteraan terhadap rakyat dengan meruntuhkan sebagian penjajah Indonesia yang jumlahnya tidak lagi sedikit.
Proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus juga tidak terlepas dari berbagai peristiwa-peristiwa bersejarah lain disaat terlebih dahulu. Satu diantaranya dalah saat pihak tentara Jepang tertekan dari pihak sekutu pada peperangan Asia Timur Raya. Pada tahun 1944 Jepang pernah berjanji pada bangsa Indonesia untuk memberikan kemerdekaan di suatu ketika. Untuk pelaksanaan janji itu, kemudian pada tanggal 1 Maret 1945 dibentuklah BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia dan yang bertindak sebagai ketua saat itu adalah dr. Radjiman Widyodiningrat. Selanjutnya BPUPKI mengadakan beberapa sidang guna mempersiapkan kemerdekaan negeri ini. Setelah itu pada tanggal 9 Agustus 1945, BPUPKI ditiadakan serta diganti
dengan PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
Para pemimpin Indonesia pun
berusaha menentukan sikap untuk
memerdekakan Indonesia ketika telah
mendengar bahwa Jepang secara resmi
menyerah pada sekutu di tanggal 15
Agustus 1954. Namun ketika itu terjadi
beberapa perbedaan faham antara
golongan muda dengan golongan tua
yang mengakibatkan terjadinya
perdebatan. Namun pada akhirnya
pada tanggal 17 Agustus 1945 tepat
pukul 10.00 WIB bertempat di Jl.
Pegangsaan Timur No. 55 Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia pun diserukan
oleh Soekarno – Hatta atas nama
bangsa Indonesia.
Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan
puncak perjuangan bangsa Indonesia
dalam meraih kemerdekaan, yang
juga sekaligus jadi titik tolak
pelaksanaan Amanat Penderitaan
Rakyat serta titik tolak perubahan dari
tata hukum kolonial jadi tata hukum
nasional. Hari bersejarah ini pula
merupakan sumber hukum untuk
pembentukan NKRI.


0 komentar:

Posting Komentar